Halaman

Selasa, 10 Desember 2013

Penyakit Alzheimer

ALZHEIMER
Alzheimer adalah suatu penyakit yang timbul akibat terjadinya proses degenerasi sel-sel neuron otak di area temporo-parietal dan frontalis sehingga menyebabkan penurunan daya ingat, intelektual dan kepribadian. Dengan adanya kemunduran fungsi intelektual dan emosional secara progresif dan perlahan dapat mengganggu kegiatan sosial sehari-hari. Penyakit yang diketemukan oleh seorang dokter berkebangsaan Jerman yang bernama Dr. Alois Alzheimer ini, dapat dikatakan sebagai penyakit pembunuh otak karena mematikan fungsi sel- sel otak. Penyakit ini paling sering ditemukan pada orang tua berusia sekitar 65 tahun ke atas. Tetapi orang dewasa muda juga tak tertutup kemungkinan mengalaminya bila memiliki faktor risiko keturunan.

PENYEBAB
Faktor keturunan
Gangguan fungsi imunitas >Infeksi virus
Faktor neurotransmiter >Lingkungan yang terkontaminasi dengan logam berat, rokok, pestisida, gelombang elektromagnetic >Riwayat trauma kepala yang berat
Penggunaan terapi sulih hormon pada wanita.

GEJALA
Penderita penyakit ini menjadi agresif, cepat marah, dan kehilangan minat untuk berinteraksi atau memuaskan hobi yang pernah diminatinya
Kemunduran memori/daya ingat Sulit melaksanakan kegiatan / pekerjaan sederhana
Kesulitan bicara dan berbahasa.
Disorientasi Waktu, Tempat ataupun Orang Sulit dalam berhitung
Salah meletakkan benda >Penampilan buruk karena lupa cara berpakaian atau berhias
Gangguan berfikir abstrak. >Kemampuan imajinasi penderita terganggu Hilang minat dan inisiatif.
Cenderung menjadi pendiam, tak mau bergaul, menyendiri. >Tidak bisa membedakan berbagai jenis bau-bauan (tanpa penyebab lain misalnya flu, trauma otak, tumor otak) >Gejala yang terjadi biasanya bervariasi sesuai dengan bagian otak yang terkena, selain itu perkembangannya sangat lambat dan bertahap.


PENCEGAHAN

Dianjurkan beberapa cara untuk mencegah penyakit Alzheimer, di antaranya yaitu :

>Mengkonsumsi sayur dan buah segar. Hal ini penting karena sayur dan buah segar mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mengikat radikal bebas. Radikal bebas ini yang merusak sel-sel tubuh.

>Lakukan pekerjaan yang menantang secara mental dan aktivitas rekreasional di sepanjang hidup. Aktif secara fisik dengan olahraga dan bermain. Dan tetap berhubungan dengan orang. Beberapa studi menunjukkan dansa, memainkan alat, membaca atau melakukan permainan kata-kata semuanya dapat menurunkan risiko mengembangkan demensia.

>Sebuah studi di Chicago menunjukkan dengan menambahkan niacin (vitamin B3) pada makanan dapat membantu mencegah alzheimer. Niacin dapat ditemukan dalam produk susu, unggas, ikan, daging kurus, telur, polong- polongan, kacang-kacangan. Selain itu vitamin E dan vitamin C dapat juga mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer.

>Sejumlah bukti menunjukkan makanan kaya asam lemak omega 3 seperti kedelai dan ikan bukan hanya menyebabkan jantung sehat tetapi juga membantu mencegah hilang ingatan dan kerusakan sel-sel otak yang disebabkan alzheimer.

>Orang yang menderita penyakit Alzheimer memiliki plak yang melekat di otak disebut "amyloid beta." Beberapa plak juga berkembang karena Alzheimer, atau karena menjadi penyebab langsungnya. Tetapi, plak- plak itu secara langsung berkaitan dengan proses degeneratif. Penelitian menunjukkan bahwa kunyit benar-benar melenyapkan plak-plak ini, baik saat plak itu mulai terbentuk dan bahkan selama tahap akhir dari perkembangan plak.

Semoga Bermanfaat


1 komentar:

  1. How to make money with bitcoin - WorkPaperMoney
    › how-to-make-money- › how-to-make-money- It is possible to choegocasino earn money with cryptocurrency, as well as using cryptocurrencies. That's worrione how it is. Using cryptocurrencies to make money. หาเงินออนไลน์ When betting on a

    BalasHapus